Distanak Studi Banding Ke BIB dan Biogas di Lembang

Distanak-Studi-Banding-Ke-BIB-dan-Biogas-di-LembangDalam rangka meningkatkan kemampuan kelompok peternak dan mendorong efisiensi dan efektivitas usaha di bidang peternak, Dinas Pertanian dan Peternakan bersama kelompok peternak di Kabupaten Pandeglang melaksanakan studi banding ke Balai Inseminasi Buatan Lembang dan Kelompok Biogas di Desa Cibodas Lembang Kabupaten Bandung Barat pada tanggal 19-20 November 2015.
Kegiatan yang dimotori oleh Bidang Bina Usaha ini merupakan rangkaian pembinaan kelembagaan petani/peternak pada tahun 2015 dengan anggaran bersumber dari dana APBD Kabupaten Pandeglang. Selanjutnya, alasan dipilihnya kedua lokasi studi banding tersebut (BIB Lembang dan Kelompok Biogas Cibodas) dikarenakan keduanya memiliki kelebihan masing-masing.
BIB lembang merupakan UPT Kementerian pertanian yang sudah mendapatkan ISO  dalam pengelolaan semen beku, sedangkan kelompok biogas Cibodas Lembang, merupakan kelompok tani yang telah lama menggunakan biogas dan pemanfaatannya sangat efektif, selain digunakan sebagai  bahan bakar untuk memasak, biogas yang dihasilkan juga digunakan untuk penerangan. Selain itu, hasil pembuangan limbah ternaknya juga dimanfaatkan untuk usaha tani sayuran.
Studi banding yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang Bina Usaha tersebut, diharapkan dapat memberi suntikan motivasi khususnya kepada para peternak untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam usaha ternak ditempatnya masing-masing.

Author: pertanian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *