Home / Berita / PUSKESWAN PANDEGLANG TANGANI SCABIES PADA KUCING PERSIA

PUSKESWAN PANDEGLANG TANGANI SCABIES PADA KUCING PERSIA

Pandeglang – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (PUSKESWAN) Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, menerima aduan dari warga pemilik kucing bahwa kucing miliknya tidak mau makan sudah beberapa hari dan terus-menerus menggaruk-garuk tubuhnya (06/19).
Muhaeminah A.Md, staf UPT PUSKESWAN yang akrab disapa Ina, pagi-pagi sekali kami menerima laporan tersebut dari pemilik Kucing atas nama Ibu Feni, saya langsung bergegas menuju Rumah pemilik Kucing di Perumahan Cigadung. Sesampainya ditujuan saya langsung melakukan pemeriksaan pada 2 (dua) ekor anak Kucing dengan jenis Persia. Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui bahwa Kucing didiagnosa Scabies.

Apa itu Penyakit Scabies?
Scabies/Kudis pada kucing disebabkan oleh tungau Notoedres cati yang awalnya tumbuh dipermukaan kulit Kucing. Tungau ini akan menghabiskan seluruh hidupnya dikucing. Pada awalnya tungau betina akan membuat liang didalam kulit kucing untuk bertelur dengan terus menggali hingga beberapa centimeter. Kemudian kucing betina tersebut akan mati setelah dia telah membuat deposio telur.
Dalam 3 hingga 8 hari telur tersebut akan menetaskan larva yang memiliki 6 kaki. Larva dewasa kemudian akan menjadi nimfa yang memiliki 8 kaki dan akan bertambah dewasa didalam liang kulit kucing. Nimfa akan berkembangbiak lagi setelah dewasa. Proses siklus hidup tungau tersebut biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu.
Penyakit scabies adalah penyakit yang menular, baik bisa menular ke sesama kucing ataupun menular dari kucing ke manusia. Oleh karena itu, segera lakukan tindakan jika mengetahui kucing memiliki gejala penyakit scabies. (satwapedia.com).

Tindakan
Setelah mengdiagnosa, maka tindakan untuk mengobati Kucing tersebut dengan menggunakan dip amitraz, Ivomec dan selamectin dengan cara disuntik, juga karena kucing ini tidak nafsu makan saya berikan vitamin ujar Ina.

About pertanian

Check Also

Kaji Terap Pengembsngan Hijauan Pakan Ternak di POKTAN Cihurang Desa Mandalawangi Kecamatan Mandalawangi dari Dinas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *