Home / Uncategorized / USIM NGETEM HUMA, LEUIT PETANI PANDEGLANG MUCUNG

USIM NGETEM HUMA, LEUIT PETANI PANDEGLANG MUCUNG

Pandeglang – Petani di Kabupaten Pandeglang sedang bersuka cita, pasalnya Musim Panen telah tiba. Seperti Kelompok Tani “Sinar Tani” ini yang sudah Panen Padi Ladangnya pada lahan seluas ±10 Ha di Desa Citeluk Kecamatan Cibitung (22/3).

Ngetem Huma merupakan istilah dari proses memanen Padi Gogo di Ladang, dimana cara memanen Padi Huma ini sangat berbeda dengan Padi Sawah pada umumnya, yakni dengan cara dietem “dipotong dengan alat yang bernama Etem dengan teknik tertentu pada bagian Tungkainya”. Hasil eteman ini dikumpulkan kemudian diikat dengan tali khusus, dimana dalam 1 (satu) ikat berisi 4 (empat) genggam Padi orang dewasa yang disatukan disebut Sapocong (Seikat).

Nantinya setelah Padi berbentuk pocongan-pocongan, kemudian digantungkan pada Bambu yang sudah dirancang dan didirikan sedemikianrupa yang disebut Lantayan, lantayan ini berfungsi sebagai jemuran. Setelah proses ngetem selesai dan Padi sudah dinaikan ke lantayan semua, kemudian bagian paling atas lantayan ditutup dengan Daun Kelapa yang telah dianyam, agar jika turun hujan bagian tungkainya tetap aman tidak terkena air hujan secara langsung. Hasil Panen tidak dibawa pulang pada saat itu, melainkan dibiarkan di Huma sampai Padi berikut tungkainya benar-benar kering sempurna. Jika Padi sudah kering kira-kira tenggang waktu 1-2 minggu dilantayan baru Padi siap dipindah atau dianggut untuk disimpan kedalam Leuit/Lumbung Padi, umur simpan 1-2 tahun bahkan lebih.

Menurut Nasir,SP.,MBA.,MP Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, setiap tahun Luas Tanam, Luas Panen dan Produksi Padi Ladang ini selalu meningkat. Adapun permasalahan yang sering terjadi yaitu adanya serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dan Hama Penyakit Tanaman. Solusi apabila itu terjadi, maka harus dilakukan penyemprotan. Sedangkan Keunggulan menanam Padi Ladang ini tidak tergantung pada ketersediaan Air.

Reepost @https://www.facebook.com/pertanian.pdglng?epa=SEARCH_BOX

About pertanian

Check Also

Menerima Kunjungan Aster Kodam III/SLW dalam rangka Monitoring Evaluasi pelaksanaan Sergab Gabah di Wilayah SubDivre ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *