Dokter Hewan Distan Lakukan Monitoring dan Pemeriksaan Kesehatan Ternak Berkala

Pandeglang – Upaya pemeliharaan kesehatan hewan ternak khususnya domba dilakukan tim dokter hewan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang pada domba milik Kelompok Ternak “Juhut Mandiri” di Kampung Domba Kelurahan Juhut Kecamatan Karangtanjung, Senin (30/9).

Terdapat 2 metode pemeliharaan
Peningkatan kesehatan ternak (promotif), yakni upaya yang bertujuan untuk menjaga atau meningkatkan status kesehatan ternak dengan penerapan manajemen peternakan yang baik. Contohnya pemberian pakan/minum yang cukup dan menjaga kebersihan kandang.

Pencegahan penyakit ternak (preventif), yakni upaya pencegahan penyakit ternak agar ternak tidak mudah terserang penyakit dengan melakukan pemberian obat cacing 3 bulan sekali.

Hal ini yang mendorong tim dokter hewan Bidang Peternakan Distan untuk melakukan monitoring sekaligus pemeriksaan kesehatan hewan secara berkala. Pada kesempatan ini tim memberikan vitamin penambah nafsu makan pada 5 ekor domba betina dan Obat Cacing pada 15 ekor domba jantan, serta pemberian antibiotic pada domba yang mengalami sakit mata.

drh. Putu Wijayakusuma menghimbau kepada peternak di Kabupaten Pandeglang, agar menjaga sanitasi lingkungan kandang dan memperhatikan kesehatan ternak, terutama ternak yang sedang bunting dan menyusui juga harus memisahkan ternak sakit dari yang sehat.

Cc: Budi S J Nasir M. Daud

Author: pertanian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *