DINAS PERTANIAN EVALUASI RPP MELALUI EXPOSE

Pandeglang – Sebanyak 40 Penyuluh Pertanian yang merupakan pengelola RPP (Rumah Pintar Petani) yang tersebar di 8 (Delapan) Kecamatan yaitu Kecamatan Cipeucang, Mandalawangi, Cikedal, Panimbang, Sukaresmi, Pagelaran, Cibaliung dan Cikeusik mengikuti pertemuan Evaluasi Pelaksanaan RPP tahun 2019, dimana kegiatan ini berlangsung selama satu hari yaitu pada hari kamis tanggal 31 oktober 2019 yang dilaksanakan di aula Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang.

Dalam kegiatan tersebut dimulai dengan masing-masing RPP yang diwakili oleh pengelola RPP masing-masing menyampaikan capaian pelaksanaan kegiatan ditahun 2019 dan memaparkan perencanaan kegiatan untuk tahun 2020.

H. Budi S Januardi, S.Pt.,MM Kepala Dinas Pertanian menyampaikan bahwa kegiatan RPP merupakan upaya Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang dalam mengoptimalkan peranan BPP bukan hanya sebatas tempat berkumpulnya petani dan penyuluh, tetapi BPP dapat dijadikan sebagai pusat pelatihan dan informasi pertanian di kecamatan juga sebagai wahana belajar masyarakat, pelajar, tempat magang dan tempat edukasi pertanian bagi anak-anak diusia dini, sehingga peranan penyuluh dalam mengelola BPP menjadi RPP dapat, memberikan manfaat yang lebih luas lagi bagi masyarakat.

Budi S J juga mengapresiasi penyuluh milenial di setiap RPP, hal ini sesuai dengan penegasan Bapak Mentri baru kita Syahrul Yasin Limpo bahwa penyuluh pertanian merupakan ujung tombak dan garda terdepan ketahanan pangan. Oleh karena itu, Mentan Syahrul Yasin bertekad membangun Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian (Kostra Tani) yang pengendalian dan operasionalnya dipusatkan di kecamatan-kecamatan.

Sekretaris Distan sekaligus Plt. Kepala Bidang Tanaman Pangan Nasir, SP.,MBA.,MP secara garis besar komoditas yang menjadi focus masing-masing RPP masih menggarap tanaman-tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi serta usia produksi yang relative cepat seperti tanaman sayuran dan palawija, serta ada beberapa RPP yang mengembangkan penangkaran untuk benih kedelai.

Onah , S.TP Kepala Bidang Perkebunan menyarankan agar RPP juga menanam Komodias Perkebunan seperti kelapa Salak Genjah. Kepala Bidang Peternakan drh. Dyah Lukitaningsih juga memberikan saran bahwa RPP perlu memasukan ilmu pengetahuan peternakan bagi pengunjung RPP misalnya terkait lahan Asal Hewan yang ASUH (aman sehat utuh halal.
Kepala Bidang Hortikultura Wahyu Widayanti tidak mau ketinggalan memberikan saran bahwa RPP itu harus cantik dan menarik agar masyarakat dalam hal ini (peteni, mahasiswa, ibu RT juga Ibu PKK bahkan anak sekolah) tertarik untuk datang. Terakhir saran dari Kepala Bidang Penyuluhan Raden Andriawan semua dari 8 RPP yang telah melakukan Expose sungguh luar biasa giatnya di masing-masing RPP, masukan saja agar setiap RPP membuat MODUL.

Author: pertanian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *